Alat Musik Ritmis yang Wajib Orang Tahu

Alat Musik Ritmis yang Wajib Orang Tahu

Alat Musik Ritmis yang Wajib Orang Tahu – Bermain musik sebenarnya dapat memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya yaitu bisa mengasah kecerdasan otak. Bagi kebanyakan orang mungkin yang memiliki bidang dalam bidang musik bisa togel macau menjadi kebanggaan tersendiri karena tidak semua orang memiliki bakat tersebut. Ketika mendalami dunia musik akan ada banyak sekali istilah ataupun jenis-jenis alat musik dan berbagai macam hal lainnya yang harus dipelajari dengan baik. Salah satunya adalah mempelajari jenis alat musik ritmis yang mempunyai fungsi cukup penting ketika bermain musik ataupun ingin membuat lagu. Alat musik berjenis ritmis terbagi juga menjadi dua bagian yaitu alat musik tradisional dan modern seiring dengan berkembangnya zaman. Simak berikut ini beberapa contoh atau jenis jenis alat musik jenis ritmis mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Alat musik ritmis seringkali dijumpai sebagai salah satu instrumen pengiring dalam sebuah pagelaran seni. Lantas, apa saja contoh alat musik ritmis ini? Secara umum, instrumen musik atau alat musik terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan fungsinya. Di antaranya adalah alat musik harmonis, melodis, dan ritmis. Alat musik ritmis sendiri merupakan sebuah alat musik yang tidak memiliki tangga nada tertentu atau nadanya tidak tetap. Oleh karena itu, alat musik ritmis difungsikan sebagai pengiring untuk mengatur tempo dan irama lagu.

Triangle

Triangle terbuat dari logam (besi) yang dibengkokan berbentuk segitiga, namun pada bagian ujungnya tidak disatukan atau diberikan jarak. Agar menghasilkan suara yang maksimal triangle harus digantung. Cara memainkan Triangle dengan cara dipukul menggunakan besi. Triangle digunakan untuk mengiringi musik klasik bahkan jazz, pop, dan dangdut juga bisa.

Simbal

Simbal terbuat dari logam berbentuk bentuk bulat piring. Ukurannyapun beragam, ada yang berdiameter kecil ataupun besar. Cara memainkan Simbal, jika simbal tangan bisanya terdiri dari dua buah lempengan kemudian kita padukan seperti akan melakukan tepuk tangan, namun jika simbal yang digunakan hanya satu biasanya dipukul menggunakan stik drum.

Rebana

Rebana/ Terbang mirip seperti tamborin, dimana pada bagian atasnya tertutup kulit dan pada bagian sampingnya terdapat beberapa lempengan logam berjenis kuningan mirip simbal. Mungkin lebih tepatnya seperti gendang yang pipih atau tipis. Cara memainkan Rebana dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan baik itu dengan tempo lambat ataupun cepat.

Kendang

Kendang terbuat dari kayu berbentuk seperti tabung, dengan penutup spaceman kedua bagian alasnya berupa kulit sapi yang dikeringkan. Kendang termasuk alat musik tradisional dari Jawa Barat dan Jawa Tengah. Cara memainkan kendang yaitu dipukul dengan telapak tangan pada bagian kulit yang menutupi alasnya, baik keduanya ataupun salah satunya. Biasanya digunakan untuk mengiringi musik dangdut.

Kastanyet

Kastanyet bentuknya seperti dua cangkang kerang kecil. Awalnya terbuat dari kepingan gading atau kayu yang bertekstur keras, namun seiring perkembangannya kastanyet memiliki banyak warna yang menarik serta bahan yang berbeda-beda. Bentuknya juga ada yang menggunakan tali ataupun kayu pegangan. Cara memainkan Kastanyet dengan membenturkan sisi kiri dan kanan, seperti kita melakukan tepuk tangan, karena bentuknya kecil cukup menggunakan dua atau tiga jari tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *